Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Wednesday, March 6, 2013

Sop Macaroni Sosis Sayuran



Jenis sop yang ini, mostly dimasak pada saat anak-anak kurang enak badan dan malas makan nasi. Kalau anak-anak sedang gak enak badan aku gak pernah memaksakan mereka makan nasi. Karbohidrat bisa datang dari jenis bahan makanan yang lain, tidak melulu harus dari beras. Supaya segar berkuah, jenis sop macaroni ini yang paling sering aku bikin.

Untuk dagingnya aku pakai sosis yang sudah tersedia di rumah. Anda bisa pakai ayam, daging sapi dll...tapi ini adalah jenis sop yang bahannya memakai apa yang ada di dalam lemari es. Untuk berkreasi lebih, silahkan saja mau jenis sayuran apapun bisa anda cemplungkan disini.

As usual, gak ada judulnya bumbu sop yang di tumis, semua masuk dalam kondisi air masih dingin diatas api yang kecil.

Bahan-bahan :

100 gr macaroni
5 buah sosis sapi, potong kecil sesuka
100 gr buncis, siangi, potong 2cm
3 buah wortel, potong kecil sesuka
3 batang daun bawang, potong 2cm
3 batang daun seledri, potong 2cm
3 siung bawang putih, keprek
1 buah bawang bombay, potong 4
1 sdm minyak goreng
1 + 1/2 sdt garam
1 + 1,5 liter air
1 sdm gula pasir


Cara Membuat :

1. Rebus macaroni dalam 1 liter air, tambahkan 1/2 sdt garam. Rebus sampai empuk, angkat, tiriskan dan sisihkan.

2. Dalam panci, masukkan 1 1/2 liter  air, tambahkan bawang putih keprek + bawang bombay + wortel + buncis + sosis. Rebus bareng dengan api kecil sampai mendidih.

3. Tambahkan garam dan gula pasir, kemudian masukkan potongan daun bawang dan daun seledri, cicip sampai sesuai selera. Setelah itu langsung angkat dari api.

4. Untuk menyajikan, letakkan macaroni rebus secukupnya dalam sebuah mangkok kemudian guyur dengan sop beserta isinya, langsung nikmati. Yuuummmm!

1 comment:

  1. Bunda mau tnya, apa bedanya jika bumbu dimasukkan ke dalam airnya ketika sudah mendidih?? Apakah mempengaruhi rasanya??

    ReplyDelete