Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Tuesday, March 5, 2013

Ayam Kari



Naaahh....ini yang aku bilang di postingan sebelumnya bahwa pada saat proses memasak Ayam Bakar ala Padang, ternyata aku menemukan bahwa dalam proses masak tersebut, exactly dengan bumbu yang sama, dapat tercipta pula Ayam Kari yang lezaaaatttt!!....bedanya kalau bikin ayam Kari nggak perlu dibikin asat airnya, cukup kuahnya asat separo. Hasilnya benar-benar mantap, dan senangnya lagi Ruth dan Jonathan sukaaa bangettt....

Oh ya, dalam setiap masakan yang aku buat dengan pemakaian santan dan kemiri, bisa diperhatikan selalu prosesnya aku tak pernah menumis bumbu, tapi langsung direbus. Mengapa demikian? karena santan dan kemiri sudah menghasilkan minyak, aku gak mau lagi nambah minyak dalam masakan yang aku hasilkan.

Apakah langu hasilnya? Ehm...entah hidung dan lidahku yang nggak sensitif, tapi menurutku baik-baik saja, bahkan Jeff pun memuji. Bedanya, masakanku tetap lezat tanpa ada rasa mbleneg dari minyak berlebihan.

Resep Kari Ayam ini plek ketiplek sama resep ayam panggang ala padang sebagai berikut,

Bahan-bahan :

2 ekor ayam kampung masing-masing potong 4



1 buah jeruk nipis
20 butir bawang merah
10 siung bawang putih
20 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1 sdt lada bubuk
10 cm kunyit
5 cm jahe
7-8 cm lengkuas
2 liter santan dari 1 butir kelapa
3 batang serai memarkan
5 lembar daun salam
8 lembar daun jeruk
6 buah cabe merah besar buang bijinya
75 gr gula merah
1 1/2 sdm garam (kalau kurang asin silahkan ditambah)

Cara Membuat :

1. Kucuri ayam yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, sisihkan.

2. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk, daun salam dan serai

3. Rebus ayam dengan santan dan bumbu langsung tanpa bumbu perlu disangrai. Tambahkan daun jeruk, daun salam dan serai yang sudah di keprek pangkalnya. Masak dengan api kecil sampai ayam lunak dan bumbu meresap. Bila santan / air sudah berkurang setengahnya, matikan api.

No comments:

Post a Comment