Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Wednesday, March 6, 2013

Orek Tempe



Orek Tempe ini adalah jenis masakan sederhana yang lezat. Ruth dan Jonathan aku perkenalkan kepada orek tempe sejak mereka masih usia dini, 12 bulan...saat mereka sudah bisa makan garam gula, kecap...itu saatnya aku mengolah orek tempe sebagai menu makan sehari-hari. Tentunya kalau untuk Batita, pemakain garam dan gula seminimal mungkin.

Beranjak makin besar, tentu lidah mereka sudah gak se-plain dulu lagi. Makanya aku berani menambahkan cabai di orek tempe buatanku. Pembuatannya cukup mudah, hasilnya enak gak keras, tetap empuk tapi juga kering gak berminyak apalagi berair. Pas saja.

Resepnya sebagai berikut,

Bahan - bahan :

1 papan tempe ukuran sedang
3 siung bawang putih, iris tipis
8 siung bawang merah, iris tipis
2 buah cabai merah besar, iris serong tipis
3 lembar daun salam
2 cm laos, keprek
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdt garam
3 sdm kecap manis
1 1/2 sdm minyak goreng untuk menumis
1/4 cangkir air


Cara Membuat :

1. Potong-potong tempe ukuran memanjang 2cm x 0,5cm.

2. Goreng tempe setengah matang, tiriskan dan sisihkan.

3. Panaskan minyak dalam penggorengan, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan irisan cabai dan masak sampai layu.

4. Masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang, tambahkan gula merah + garam + kecap manis + air + daun salam + laos + air secara berurutan sambil diaduk rata dan kecilkan api. Cicipi sampai sesuai selera.

5. Aduk-aduk sampai bumbu meresap dan air asat, angkat dari api, sajikan.

No comments:

Post a Comment