Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Wednesday, March 6, 2013

Sop Ayam Sayuran

Jenis masakan lain yang tidak pernah absen setiap minggunya di rumah kami yaitu Sop Ayam Sayuran.



Bikin sop ini mudah kan ya....bumbunya simple. Dan sekali lagi kalau di rumah kami, bumbu sop gak pake ditumis dulu. Semua masuk bareng rebus bareng dengan dagingnya dimulai dengan air dingin dengan api kecil. Aku belajar ini dari acara Master Chef Australia. Kalau dulu belajarnya air mendidih dulu baru dimasukin itu ayam dan bumbu yang sudah ditumis, udah lama aku tinggalkan itu. Dan terbukti memang rasa kaldu dan bumbunya lebih  menyatu, dan yang aku suka lagi, kuah kaldunya bening dan segar tak berminyak. Memang siy, syarat lain, jangan sampai ada tuh kulit ayam nyemplung ke my soup hihihihihi.....


Bahan - Bahan :

1/2 ekor ayam, siangi dan potong-potong kecil untuk sop, buang semua kulit ayamnyam cuci bersih
1 buah jeruk nipis
3 siung bawang putih, keprek
1 buah bawang bombay, potong 4 bagian
100 gr buncis, siangi, potong-potong kecil 2cm
2 buah wortel ukuran besar, potong-potong kecil sesuka
1 buah kentang ukuran besar, potong-potong kecil sesuka
1 buah tomat potong 8
3 helai daun bawang, potong 2cm
3 helai daun seledri, potong 2cm
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1,5 liter air


Cara Membuat :

1. Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis, diamkan 30 menitan, sisihkan.

2. Masukkan potongan ayam ke dalam panci, masukkan bawang putih keprek dan bawang bombay, tambahkan air, masak diatas api kecil sampai mendidih dan ayam empuk. Sesekali buah busa dan kotoran yang terapung diatas.

3. Masukkan kentang, diamkan selama 2 menit, tambahkan wortel, diamkan selama 1 menit, tambahkan buncis, diamkan selama 1 menit sampai semua mendidih.

4. Masukkan daun bawang, daun seledri, tomat, garam dan gula pasir, aduk rata dan cicipi sampai sesuai selera langsung angkat dari api supaya sayuran tidak over cooked.

*) Saat melumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, aku tidak pernah cuci ayamnya kembali. Air jeruk nipis yang menempel pada ayam, menambah kaya citarasa setiap masakan *imho*

No comments:

Post a Comment