Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Tuesday, March 5, 2013

Opor Ayam Tahu



Seperti yang aku bilang di postingan sebelumnya, temen tumis taoge kacang panjang di meja makan kami adalah Opor Ayam Tahu :-)

Opor Ayam Tahu ini masakan kesukaan Ruth, terutamanya sekali. Ni anak gak ada bosennya sama opor, dan saat dia minta dimasakin opor ayam tahu kesukaannya memang kondisi tubuh Ruth sendiri sedang kurang fit karena batuk pilek.

Seperti biasa, kalau sudah melibatkan santan dan kemiri, maka aku sama sekali tidak pernah menumis bumbu, semua langsung masuk cemplung bareng dengan santan dan rasanya pun tetap sedap.

Bahan - bahan :

1 ekor ayam, siangi, buang semua kulitnya (kalau saya) potong 12 bagian
1 buah jeruk nipis
10 buah tahu goreng
10 butir kemiri
5 siung bawang putih
10 siung bawang merah
1/2 sdm ketumbar
1 sdt lada bubuk
3 cm jahe
5 cm lengkuas
5 cm kunyit
3 batang serai
 5 lembar daun salam
7 lembar daun jeruk
1/2 sdm garam
100 gr gula merah, sisir halus
500 liter santan kental dari 1 butir kelapa
1 liter air
bawang merah goreng untuk taburan


Cara membuat :

1. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, diamkan selama 30 menit, sisihkan.

2. Haluskan kemiri + bawang putih + bawang merah + ketumbar + jahe + lengkuas + kunyit.

3. Siapkan panci, alasi dasar panci dengan daun salam + daun jeruk + serai. Susun ayam diatasnya, tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan + garam + gula merah sisir + lada bubuk + air. Masak dengan api kecil sampai mendidih dan ayam empuk.

4. Tambahkan tahu, aduk rata sampai mendidih. Tambahkan santan, aduk-aduk terus jangan sampai santan pecah. Jangan lupa cicipi sampai rasa yang pas selera.

5. Saat menyajikan tambahkan bawang goreng. Yummmm!

No comments:

Post a Comment