Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, November 26, 2012

Udang Goreng Mentega



Udang lagiii....yup yuppp....berhubung Ruth dan Jo penggemar udang dan cumi jadi Mama nya harus selalu menghadirkan menu ini di rumah kala punya waktu untuk memasak di akhir pekan. Kali ini bosen ya kalau udangnya dimasak teriyaki  melulu....putar otak dan cling! Bagaimana dengan udang goreng mentega? dicoba yukkksss.....

Resepnya sebagai berikut, as usual...simple dan cepat saja ala Mamanya Ruth dan Jo hehehehe....

Bahan-bahan :

500 gram udang, kupas, buang kepala dan ekor, bersihkan
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/2 cm ruas jahe, keprek
6 siung bawang putih, cincang halus
3 lembar daun bawang, iris halus
1 sdt kecap asin
1 sdt gula pasir
1 sdm mentega
1 sdm minyak wijen
1 sdm minyak goreng


Cara Membuat :

1. Dalam mangkok besar, kucuri udang yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis, taburkan 1/2 sdt garam dan 1/4 sdt lada, masukkan jahe keprek, aduk merata, tutup dengan plastik wrap dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

2. Panaskan 1/2 sdm minyak wijen + 1/2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih cincang sampai harum kekuningan, angkat, sisihkan.

3. Panaskan 1/2 sdm minyak wijen + 1/2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis udang sampai setengah matang tambahkan kecap asin, sisa garam, lada bubuk dan gula pasir. Aduk-aduk sampai merata kurang lebih 2 menit.

4. Masukkan mentega, biarkan meleleh dan aduk cepat sampai merata, tambahkan bawang cincang yang sudah digoreng dan irisan daun bawang. Aduk merata, angkat dari api.

Note : Seperti biasa tips kalau memasak udang dan cumi, jangan terlalu lama berada di atas api. Aku biasa memasak diatas api tidak sampai lebih dari 5 menit untuk bisa mendapatkan hasil udang atau cumi yang masih lembut dan manis.

No comments:

Post a Comment