Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, November 26, 2012

Cake Coklat Moist Filling Selai Blueberry



Blog resep ini blum kemasukan resep kue dan cake ya hihihihi....mari kita posting resep cake coklat sederhana yang jadi resep favorit keluargaku karena cara buatnya yang simple dan cepat. Aku sering buat sponge cake coklat ini untuk cemilan keluarga dan proses pembuatannya pun melibatkan anak-anak. Dan berhubung judulnya cemilan, maka ini versi resep kecilnya ya. Kalau mau buat lebih banyak tinggal dikalian 2 or 3 or 4 saja dari resep basic ini.

Oh ya resep ini aslinya aku terima dari Pak Sahak, temen baking di NCC yang baik hati dan tidak sombong. Makasih banyak ya Pak Sahak, resepmu sunggu berguna! Udah aku utak atik bersama dia aja via diskusi telpon dan aku lebih suka hasil yang sekarang.

Hari Minggu kemarin aku bikin cake coklat ini as requested by Jonathan. Dia udah kangen sama bolu coklat buatan mamanya. Awalnya siy request pake filling strawberry jam tapi gak punya, adanya blueberry ya pakai yang ada sajah ya....Hasil akhir dari cake ini moist dan lembyut, tanpa perlu tambahan simple syrup hasilnya lembut nyus tanpa seret di leher hehehehe....Mau mencoba untuk keluarga tercinta or terima orderan aka dagang or bakul? Monggo sajah.... :-)

Bahan-Bahan :

3 butir telur ayam utuh
90 gram gula pasir
50 gram terigu protein rendah
15 gram maizena
15 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1 sdt emulsifier
80 gram mentega, lelehkan
1 1/2 sdm SKM coklat
1/2 sdm pasta black forest
2 sdm selai blueberry / strawberry / selai kacang / selai coklat
1 sdm meises untuk taburan


Cara Membuat :

1. Panaskan oven 180 derajat

2. Siapkan loyang ukuran 20cm x 20cm x 4cm, alasi dengan kertas roti dan oles seluruh permukaan kertas roti dan pinggiran loyang dengan margarin, sisihkan.

3. Ayak terigu + maizena + coklat bubuk + baking powder, sisihkan

4. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier dengan menggunakan mixer sampai putih mengental - istilah bakingnya jambul petruk.

5. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan telur, aduk merata.

6. Masukkan mentega leleh, SKM (susu kental manis) dan pasta black forest, aduk balik sampai rata kemudian tuang kedalam loyang. Taburi permukaan cake dengan meises.

7. Panggang selama 20 menit sampai matang, tes tusuk. Kalau tusuk giginya bersih berarti sudah matang. Jangan kelamaan manggangnya karena cake akan kering dan seret di leher.

8. Setelah cake keluar dari oven, diamkan dalam suhu luar sekitar 3 menit baru keluarkan cake dari loyang dan letakkan di rak kawat untuk pendinginan.

9. Setelah cake dingin, potong cake menjadi 2 bagian memanjang ukuran 10cm x 20cm x 4cm. Oles satu permukaan cake dengan selai, tumpuk dengan potongan cake yang lain, rekatkan. Cake siap dinikmati. Yummm! :-)

No comments:

Post a Comment