Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, November 12, 2012

Sapo Tahu Udang Sayuran



Ruth lagi mogok makan ikan karena trauma dengan duri ikan yang menyangkut di kerongkongan dia beberapa waktu lalu. Ruth lebih memilih mengkonsumsi ayam, udang dan cumi. Untuk saat ini mood nya baru itu. Jo juga weekend kemarin sedang demam, aku harus memasak sesuatu yang membangkitkan selera anak-anak supaya kondisi tubuh mereka tetap fit. Setelah melihat bahan-bahan yang dijual oleh tukang sayur mobil keliling di depan cluster, aku pun memutuskan untuk membeli bahan-bahan untuk membuat Sapo Tahu Udang Sayuran. Untuk sayurannya pun aku pilih yang menjadi kesukaan Ruth dan Jo, yaitu wortel dan brokoli.

Membuat Sapo ternyata gak sesulit yang dibayangkan, sangat mudah. Sayurannya boleh apa aja, proteinnya bisa pakai irisan ayam fillet, irisan ikan fillet, ditambah cumi pun, semuanya sedaapp....Yuukksss mari dicoba....resepnya sebagai berikut :

Bahan - bahan:

500 gr udang ukuran sedang, kupas bersih hilangkan kepala dan bersihkan dari bagian kotorannya
3 buah tofu telur rasa udang
1 cup minyak goreng
1 buah wortel ukuran besar, potong menyerong
1/2 brokoli, siangi dan potong kecil-kecil
3 lembar daun bawang, potong 2cm
1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris halus
3 siung bawang putih, keprek dan cincang halus
1 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1/2 sdt lada bubuk
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1/2 sdm angciu
1 sdm maizena dilarutkan dalam 1/2 cup air
1 1/2 liter air

Cara Membuat:

1. Potong bagian tengah tofu, keluarkan isi tahunya kemudian potong-potong kira-kira 1cm.

2. Panaskan minyak dalam penggorengan kemudian goreng tofu sampai kecoklatan, angkat tiriskan, sisihkan.

3. Panaskan minyak goreng + minyak wijen. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan harum. Masukkan udang, aduk-aduk sekitar 2 menit sampai setengah matang.

4. Tuang air, tambahkan saus tiram, kecap asin, angciu, garam, lada bubuk, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga merata.

5. Tambahkan wortel, aduk rata dan didihkan sekali. Tuang larutan maizena. Aduh cepat merata.

6. Masukkan brokoli dan potongan tofu goreng, aduk rata. Tambahkan daun bawang, aduk rata cepat dan langsung matikan api.

7. Pindahkan masakan kedalam mangkok Sapo dan siap dihidangkan.

Note : Memasak chinese food harus selalu dengan api besar dan dalam waktu yang cepat supaya sayuran tetap terjaga warnanya cantik dan juga protein tidak over cooked sehingga keras dan kenyal yang mengakitbakan pengurangan cita rasa.

1 comment: