Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, November 12, 2012

Ayam Kecap aka Semur Ayam



Ayam Kecap atau Semur Ayam ini adalah sebuah  makanan sederhana yang kalau pembuatannya tepat rasanya meresap sedep banget. Yang membedakan masakan ayam kecap buatan Mamanya Ruth dan Jo dengan buatan mbak ART di rumah yang pernah mencoba bikin juga adalah, proses dalam memasak ayam ini. Proses merebus ayam dalam bumbu kecap yang aku lakukan lebih lama dan dilakukan dengan api kecil secara telaten supaya hasilnya benar-benar cantik dan bumbunya meresap sempurna. Terbukti masakan ayam kecapku selalu jadi idola hehehehe...satu hal lagi, supaya lebih sehat no kulit dan lemak ayam disini ya hihihihi.....maaf aku nggak fotoin step by step nya. Belum sempat, semoga next time masak lagi kerekam step by stepnya sehingga bisa melengkapi resep di blog ini.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam
3 siung bawang putih, keprek kemudian cincang halus
5 siung bawang merah, iris halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris halus
3 lembar daun bawang, potong-potong 1-2cm
1 buah tomat ukuran sedang
1 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1/2 sdt lada bubuk
1/3 cup kecap manis
1 sdm kecap asin
1 1/2 liter air

Cara Membuat:

1. Potong ayam menjadi 8 - 12 bagian, buang bagian kepala dan ceker, buang kulit dan lemak ayam yang menempel pada daging.

2. Panaskan campuran minyak goreng dan minyak wijen. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum kemudian masukkan irisan bawang bombay aduk-aduk sampai bawang bombay layu dan berbau harum.

3. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk sampai tercampur dengan bumbu tumisan.

4. Masukkan air, tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk, kecap manis dan kecap asin. Aduk hingga semua tercampur rata, kecilkan api dan masak dengan api kecil sampai sekitar 1 jam dengan sesekali diaduk dan ayam di bolak balik supaya bumbu meresap secara merata.

5. Setelah kondisi air sudah kira-kira tinggal 1/3 atau orang Jawa bilang nyemek, masukkan potongan daun bawang dan tomat. Aduk cepat sekali lalu matikan api.

No comments:

Post a Comment