Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, November 26, 2012

Cumi Saus Tiram



Setelah udang, giliran kita menggauli cumi, hihihihi.....seafood yang uenak tapi juga full kolesterol yaaa....aku dan Jeff cukup mengambil seuprit, the rest biarlah anak-anak yang menghabiskan. Usia Ruth dan Jonathan masih membutuhkan gizi yang cukup dari seafood untuk perkembangan otak mereka.

Kali ini cuminya dimasak saus tiram. Minggu depan giliran cumi goreng tepung, ntar diposting juga deh resepnya. Waktu mencoba memotret step by step, as usual karena dikejar deadline, jadi ada beberapa ingredients yang kelewat di foto hihihihi...dah gitu ternyata gak bisa pun step by step karena udah diburu waktu penyajian. Tapi semoga saja penjelasan resepnya jelas dan bisa bermanfaat untuk pembaca blog Buku Resep Emak yaaa....

Bahan-bahan :


500 gram cumi ukuran sedang, buang tintanya, bersihkan dan potong-potong melingkar seperti cincin
1 buah jeruk nipis
1 cm ruas jahe, keprek
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, iris halus
5 siung bawah putih, cincang halus
1 sdm minyak wijen
1 sdm minyak goreng
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
2 sdm saus tiram
3 sdm kecap inggris
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
2 sdt gula pasir
3 lembar daun bawang, potong dadu 1cm


Cara Membuat :

1. Dalam wadah, kucuri cumi dengan air perasan jeruk nipis, tambahkan 3 siung bawang putih cincang, jahe, kecap inggris, kecap manis, kecap asin, garam, lada bubuk dan gula pasir. Tutup dengan plastik wrap, simpan di lemari es kurang lebih 30 menit - 1 jam sampai bumbu meresap.



2. Panaskan minyak wijen dan minyak goreng dalam wajah, tumis 2 siung bawang putih cincang + bawang bombay sampai harum dan layu.

3. Masukkan cumi beserta seluruh bumbu peraman, aduk merata tambahkan kurang lebih 2 menit. Tambahah saus tiram, aduk-aduk lagi selama 2  menit.

4. Masukkan irisan daun bawang, aduk merata, angkat dari api.

No comments:

Post a Comment