Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Tuesday, September 25, 2012

Pepes Ikan Kembung



Jeff selalu bilang bahwa ikan yang paling enak adalah ikan kembung! hehehehe....mau digoreng, dipepes, ikan kembung is the best deh! Klo digoreng siy gak usah di posting resepnya disini kali ya hahahaha...apalagi caraku mengolah ikan goreng itu so simple cuman dikasih garam dan cuka/air jeruk nipis/lemon sajah. Goreng melulu bosan...mari kita bikin pepes aja yuk. Ribet dikit....hehehehe....resepnya bukan dari mana-mana, dari liat aja udah bisa dikira-kira trus tambahin sesuka hati Emaknya Ruth dan Jo, maka jadilah. Pesan Jeff dan Mama Mimi selalu, klo bikin pepes pokoknya harus berbumbu banyak biar enak!

Bahan-bahan :


4 ekor ikan kembung banjar
1 buah jeruk nipis untuk diambil airnya
250gr kemiri
24 siung bawang merah
12 siung bawang putih
8 buah cabe merah keriting, kalau kurang pedas silahkan tambah sendiri
200gr daun kemangi, siangi
6 batang daun sereh ambil putihnya saja
10 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
satu jari kunyit
1 sdm garam
Daun pisang untuk membungkus
Lidi / tusuk gigi untuk menyemat

Cara Membuat :

1. Bersihkan ikan kembung, kucuri dengan air jeruk nipis, sisihkan


2. Lemaskan daun pisang dengan cara dijemur atau dikukus.


3. Iris tipis sereh dan lengkuas


4. Haluskan kemiri + bawang putih + bawang merah + cabai + kunyit dan garam


5. Dalam mangkok besar campur bumbu halus + sereh + lengkuas + daun jeruk + daun kemangi, aduk merata


6. Susun daun pisang, tambahkan 1 lembar daun salam dan lumuri daun dengan bumbu, tambahkan ikan. Masukkan sebagian bumbu kedalam tubuh ikan, lumuri bagian tubuh ikan dengan bumbu kemudian bungkus dengan daun. Semat setiap ujung daun dengan lidi.


7. Kukus ikan dalam dandang / kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Cukup dikukus dalam api kecil sampai matang. Kemarin aku kukus selama 3 jam dengan api kecil, hasilnya bumbu benar-benar meresap namun tulangnya belum lunak.


8. Sebelum disajikan, bakar pepesan diatas api supaya aroma daun pisang yang terbakar dapat memberikan tambahan aroma dan rasa. Aku bakarnya pakai pan. Setelah dibakar di kedua sisi, pepes siap disajikan.





1 comment:

  1. Bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com untuk mencari kosmetik organik yang trusted.

    ReplyDelete