Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Tuesday, September 4, 2012

Babi Panggang Merah aka Pork Carsiew BBQ

Hello.....ini dia masakan berikut yang menjadi tantangan tersendiri untukku. Sudah lama aku penggemar babi panggang merah ini. Dari pertama kali mencoba sudah jatuh cinta dengan rasanya yang manis gurih dan tidak terlalu berlemak seperti babi panggang yang lain. Anak-anakku pun suka dengan babi panggang merah ini. Kalau beli nasi campur potongan daging ini selalu aku eman-eman disantap terakhir. Pernah beli dagingnya aja, alamakkk muahaallll!! Lama-lama jadi penasaran sendiri ingin mencoba dan kebetulan di support oleh Ruth juga.


Hari Sabtu pagi-pagi aku ngejarin ke pasar untuk membeli beberapa bahan yang dibutuhkan setelah hari Jumatnya aku sibuk browsing cari resep di internet. Ada beberapa versi tapi semuanya mirip-mirip dan gak terlalu susah bumbunya. Hanya saja Carsiew sauce aku gak bisa nemu. Kemudian angciu juga males beli botolan gede banget secara makenya cuman 3sdm. Baca-baca di internet ada yang substitute pakai bir jadi aku pilih itu aja yang gampang hahahaha...sisanya bisa langsung diminum juga soale, praktis *keplak!*

Membuat babi panggang merah ini sama sekali gak sulit, percaya deh! Aku aja bikin pertama kali langsung ketagihan pengen bikin lagi hehehehehe...secara guampanggg....berikut resepnya ya....aku ambil dari berbagai sumber di multiply dari resepnya mbak Stella, CiksCiks dan juga resep di blogspot kemudian aku sesuaikan dengan lidahku saja dan sesuka diriku di dapur (as usual). Anda sendiri, silahkan berimprovisasi yaa.... ;-)

Bahan-Bahan :


1 kg daging babi
5 siung bawang putih
1 sdm angkak
1 sdt bumbu ngo hiong bubuk
1 sdm garam
1/2 sdt pala bubuk
3 sdm gula pasir
4 sdm madu
1 sdm minyak wijen
3 sdm ang ciu
Cara Membuat :

1. Haluskan bawang putih


2. Tambahkan angkak, haluskan lembut sampai rata


3. Campur ulekan bawang putih dan angkak bersama dengan bumbu-bumbu yang lain dalam wadah.


4. Masukkan daging, lumuri daging dengan bumbu sampai merata.


5. Tutup dengan plastic wrapping, simpan di lemari es semalaman.


6. Keesokan hari saat mau manggang, panaskan oven 220 der C. Kemudian 2 loyang. Kita akan memanggang dengan cara au ban marie (semoga bener spellingnya). Loyang pertama tambahkan air, sisihkan.


Siapkan loyang kedua yang sudah dialasi dengan aluminium foil.


7. Susun daging dengan rata diatas loyang yang sudah dialasi dengan aluminium foil


Tutup permukaan loyang dengan aluminium foil.


Masukkan loyang ke-2 kedalam loyang pertama yang berisi air


Masukkan dalam oven dan panggang. Dari beberapa resep yang aku baca, semua menganjurkan setiap 10 menit olesi daging dengan sisa bumbu klo aku siy gak sakleg tiap 10 menit ya...20 menit, 15 menit, sesuai mood ajah hihihihihi..... Nah saat aku membuka kembali panggangan itu aku lihat bagian bawah daging banyak genangan lemak yang keluar dan juga air dari bumbu tentunya, which is good, it means lemak dan air akan keep daging tetap moist dan gak kering. Cuman...buat aku kok kurang sreg gimana gitu. Jadi di pemanggangan ke 1 jam 30 menit aku putuskan untuk membuka loyang dan melanjutkan pemanggangan dengan caraku sendiri.

8. Aku siapkan loyang lain dan tentu tetap dialasi dengan aluminium foil. Kemudian pindahin daging dari loyang di pemanggangan pertama ke loyang yang baru.

Ini kumpulan lemak dan bumbu dari hasil panggangan yang aku buang, even katanya waktu dicicip enak tapi tetep BIG NO NO!!! :-)


Setelah dipindahin ke loyang baru, panggang lagi tanpa ditutup atasnya selama 5 menit pertama, keluarin, olesin lagi dengan bumbu, panggang lagi. Bolak balik selama 15 menit kemudian keluarkan. Hasilnya tetap moist dan sudah tidak terlalu basah lagi.

9. Olesi permukaan daging yang sudah matang dengan madu secara merata, potong-potong, sajikan dengan saus sambal. Aku  masih pake saus sambal botolan kemarin itu. Sepertinya aku perlu mencari resep sambal pendamping yang tepat untuk makan babi panggang merah ini. Yummmm!!!

9 comments:

  1. Mbak, mau tanya. Jadi madunya itu cuma buat olesan setelah babi panggangnya jadi ya? Bukan madunya dicampur dengan ulekan angkak bawang putih, minya wijen, angciu dll? Makasih atas waktu luangnya untuk menjawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello....sorry for late reply. Madunya dicampur sama bumbu ulekan dll....setelah daging panggang nya mateng, dioles lagi pake madu. Semoga jelas ya :-)

      Delete
  2. Mantap resepnya Bu. Saya coba praktekkan, hasilnya uenak benerrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siippp....makasih ya sudah mampir dan mempraktekkan resep saya :-)

      Delete
  3. terima kasih resepnya ya mbak. dengan tambahan gambar, jadi lebih mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya Grace, terima kasih sudah mampir :-)

      Delete
  4. hehehe ,,, bumbun nya hampir sama ,, tapi cara "panggang"nya beda ...
    kl cara saya ,, setelah dagingnya di bumbiin dan spy meresep , diemkan di kulkas boleh di lemari es [ hehehe ] paling tidak 1 jam gitu lho ...
    lalu diungkep ja di wajan dgn api kecil hingga 1/2 mateng ,,,
    sisihkan sarinya dan "ampas" bumbunya yg tersisa lalu .. di"panggang" lagi di wajan tetep dgn api kecil .. jgn lupa dibalik jika bagian bawah sdh agak kering ..
    tp jgn di bolak balik kyek goreng nasi lho ...
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    ReplyDelete
  6. Loyang isi air di tray bawah ya Bu?

    ReplyDelete