Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Tuesday, September 25, 2012

Prawns Teriyaki



Bosan dengan chicken or beef teriyaki? Cobain resep satu ini deh....aku bereksperimen dengan Prawns Teriyaki dikarenan Ruth dan Jo yang suka dengan tekstur udang yang lembut apabila kita memasaknya dengan tepat. Ini adalah kali kedua aku memasak prawns teriyaki dan akhirnya memutuskan untuk membukukannya di buku resep online.


Bahan-bahan:


1 kg udang ukurang sedang
1 buah bawang bombay ukurang sedang, iris tipis
5 siung bawang putih
1 cm jahe, keprek
2 batang daun bawang, potong dadu
5 sdm saus teriyaki
3 sdm kecap manis
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
1 1/2 sdm minyak wijen
1 1/2 sdm minyak goreng

Cara membuat:

1. Kupas udah bagian kepala, ekor, dan kulitnya, jangan lupa bersihkan juga kotorannya. Cuci bersih sisihkan.

2. Haluskan 3 siung bawang putih.


3. Dalam mangkok terpisah yang cukup besar, campur bawang putih yang sudah dihaluskan + kecap manis + saus teriyaki + gula pasir + garam + jahe, aduk merata.


4. Masukkan udah kedalam bahan rendaman tadi, aduk hingga merata kemudian tutup dengan plastik dan diamkan di lemari es kira-kira 1-2 jam, supaya bumbu meresap dengan baik.


5. Panaskan 1 sdm minyak wijen + 1 sdm minyak goreng, tumis bawang bombay hingga setengah matang dan berbau harum, angkat, sisihkan.


6. Panaskan 1/2 sdm minyak wijen + 1/2 sdm minyak goreng, tumis 2 siung bawang putih yang sudah dikeprek sampai harum, kemudian masukkan udang bersamaan dengan saus rendaman. Aduk-aduk hingga merata kira-kira 3 menit sampai matang.


7. Masukkan tumisan bawang bombang dan potongan daun bawang, aduk cepat, dan angkat dari api.


8. Prawns teriyaki, siap untuk disajikan.

Catatan :
Jangan memasak udang diatas api terlalu lama karena udang akan menjadi keras dan liat, manis dan gurihnya udang akan hilang apabila dimasak diatas api terlalu lama. Perhatikan dengan seksama saat memasaknya.

No comments:

Post a Comment