Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Friday, February 24, 2012

Ceker Masak Kecap Ala Chinese Jawa

Ceker ini kesukaanku, Ruth dan Jeff. Kalau Jeff sukanya dimasak ala chinese yang merah di dimsum itu. Buatku dan Ruth apa aja yang penting judulnya ceker hihihihi....ini salah satu masakan ceker favorit ku. Yang ngajarin bikin masalah ceker ini Lili, temen SMA. Gampang dan nyuss hasilnya deh, dijamin!



Bahan-bahan:
20 biji ceker ayam, cuci bersih dan bersihkan. Boleh dipotong 2 terserah aja
minyak goreng untung menggoreng ceker
4 siung bawang putih, keprek
1 buah bawang bombay, rajang halus
2 ruas jahe, potong tipis
3 cabai merah besar, potong serong tipis
3 cabai hijau besar, potong serong tipis
4 batang daun bawang, potong sesuka
3 sdm minyak wijen
1 sdm minyak goreng
1 sdm angciu (optional)
1 sdm kecap asin cap ikan
kecap manis sesuai selera, klo orang Jawa Tengah suka pake banyakan
lada bubuk secukupnya
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
air secukupnya

Cara :
1. Goreng ceker dalam minyak panas sampai bener-bener mateng, agak gosong dikit juga boleh malah enak. 2. Tiriskan sebentar, langsung rendam di dalam air dingin dan tutup rapat. Diamkan sampai ceker terlihat melembung dan kulitnya seperti kerecek - kalau sudah dalam kondisi seperti ini ceker siap dimasak.
3. Panaskan minyak wijen dan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu, masukkan jahe, aduk sampai wangi. Masukkan irisan cabe merah dan cabe hijau, aduk-aduk lagi sampai layu.
4. Masukkan ceker, tambahkan kecap manis, kecap asin, angciu, garam dan pala bubuk. Tambahkan air sampai ceker terendam, aduk rata. Tutup dan diamkan sampai bumbu meresap.
5. Setelah bumbu meresap dan air tinggal sedikit, masukkan gula pasir secukupnya, aduk diamkan sampai mendidih satu kali kemudian angkat.

Ceker boleh langsung dinikmati...tapi ada satu step lagi klo memang bener-bener hasilnya empuks seperti dimsum yang dijual di resto. Yaitu setelah diangkat, kukus lagi dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit - 1 jam. Hasilnya beneran empuks dan yummyyy....

1 comment:

  1. Terimakasih Artikel Ceker Masak Kecap Ala Chinese Jawa nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue

    ReplyDelete