Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, April 16, 2012

Fettuccine Carbonara

Ini adalah kali pertama aku bikin Fettuccine Carbonara dengan sauce putihnya yang from the scratch. Beberapa kali bikin beli sauce yang udah jadi dan selalu ada komplen kurang pas rasanya. Nah hari minggu kemarin aku mencoba membuat sendiri sauce putihnya. Sayang ni fotonya kurang sip karena keju parutnya ketinggalan. Ntar kalau bikin lagi aku ganti deh fotonya dengan yang lebih sip ya hehehehe....

Asal usul resepnya dari mana-mana baca-baca di berbagai sumber via Mr. Gogs...dan aku ended up dengan resep ini yang menurutku udah pas, takaran garam sudah aku tambah sedikit karena review awal dibilang kurang asin. Dibawah ini adalah resep ideal menurut pemikiranku namun kenyataannya kemarin waktu bikin ada 2 bahan yang tidak tersedia yaitu parsley segar dan jamur kancing, tapi dengan skip 2 bahan tersebut tetep tidak mengurangi kelezatannya kok.


Bahan :
500 gr fettuccine kering
2,5 liter air
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam
2 sdm margarin
1 buah bawang bombay uk sedang, iris halus
7 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm margarin
200 gr daging asap
150 gr jamur kancing (aku gak pake - stock habis)
500 ml susu cair / UHT Plain
200 ml cooking cream
3 butir kuning telur
100 gr keju parmesan bubuk
2 sdt oregano
1 sdt garam
1/2 sdt lada hitam
1 sdm parsley cincang (aku gak pake - gak punya stock)
Keju cheddar parut / parmesan bubuk untuk taburan

Cara :
1. Didihkan air kemudian tambahkan minyak goreng dan garam, dan masukkan fettuccine, rebus sampai lunak. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Dalam kondisi fettuccine masih panas, tambahkan 2 sdm margarin kemudian aduk-aduk merata sampai margarin nya meleleh, sisihkan.
2. Panaskan 2sdm margarin sampai meleleh. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan harum. Tambahkan daging asap dan jamur, aduk merata, kecilkan api.
3. Masukkan 3 kuning telur kedalam susu cair, kocok merata sampai kuning telur larut, tuang ke dalam adonan daging asap, tambahkan cooking cream dan parmesan bubuk, aduk-aduk merata. Tambahkan bumbu yang lain seperti garam, lada hitam, parsley cincang dan oregano. Jangan lupa dicicip kalau kurang asin, silahkan tambahkan garam sesuai selera. Setelah itu angkat dari api.
4. Masukkan fettuccine ke dalam piring saji, guyur dengan saus kemudian taburi dengan parmesan bubuk atau keju cheddar parut.

No comments:

Post a Comment