Buku Resep Online ini berisikan resep-resep favorite keluarga kami yang kami ambil dari berbagai sumber yang telah menginspirasi dapur kami secara luar biasa.

Anda diperkenankan untuk melihat-lihat dan mencoba resep yang ada disini. Percayalah memasak dan membuat kue itu sungguh asyik dan menyenangkan lho...tidak sesulit yang anda bayangkan. Bahkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.


Monday, January 28, 2013

Ayam Goreng Kremes



Seluruh keluargaku doyaaann banget sama yang namanya ayam goreng kremes. Selama ini beli melulu dan menurutku dan anak-anak yang paling juara rasanya tetep masih dipegang oleh RM 88 di Sentra Eropa, Kotawisata. Saat Ruth memberikan tantangan untuk membuat ayam goreng kremes sendiri, aku ublek-ublek resep di internet dan akhirnya jatuh hati sama resep dari http://uplekuplek.multiply.com

Aku contek plek ketiplek resep ini. Kalaupun ada yang aku adjust cuman very very little. Contoh di resep asli pakai chicken powder, aku skip, nggak pake. Dan untuk resep kremesan disitu ditambahkan garam, aku pilih skip karena kami sekeluarga kurang suka asin, sedang sajah.

Hasilnya enak juga, dapat pujian dari suami dan anak-anak cuman menurut Ruth, secara jujur dia menyampaikan kalau masih enakan ayam kremes Kotawisata. Ehm...nggak papa, gak boleh patah semangat, kapan-kapan coba lagi...caiyooo! hehehehe...

Berikut resep ayam kremes dari http://uplekuplek.multiply.com yang aku rubah sedikit banget.

Bahan - bahan :

Ayam kampung 1 ekor, potong 4 bagian (kalau saya buang bagian kepala dan cekernya)

Bumbu halus :
1 sdm garam
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri
1 ruas kunyit
1cm lengkuas
1 cm jahe
3 batang sereh, memarkan
5 lembar daun jeruk

Pelapis :
100 ml santan
50 gram tepung tapioka
1 butir telur
1/4 sdt garam

Kremesan :
50 gram tepung tapioka
20 gram tepung beras
425 ml air rebusan ayam
1 butir kuning telur (atau 1/2 butir telur kocok)

Cara membuat :

1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan.

2. Campur semua bahan pelapis jadi satu, aduk rata dalam wadah, sisihkan.

3. Lumuri ayam dengan bumbu halus hingga rata. Letakkan sereh dan daun jeruk sebagai alas panci (kalau punya panci presto - saya gak punya jadi pakai panci biasa). Susun ayam diatas sereh dan daun jeruk, tuangi air hingga terendam semuanya.

4. Ungkep ayam selama kurang lebih 1-2 jam dengan api kecil (kalau pakai panci presto pastinya lebih cepat).

5. Setelah ayam matang, empuk dan bumbu meresap, angkat dan tiriskan. Jangan lupa air ungkepan jangan dibuang, sisihkan 425ml untuk membuat kremesan.

6. Celupkan ayam yang sudah diungkep ke dalam bahan pelapis, Goreng dengan minyak panas sampai kuning kecoklatan, tapi tidak terlalu kering ya. Angkat.

7. Campur semua bahan kremesan, aduk merata. Ambil 1 sendok sayur ukuran kecil, tuang secara bertahap dalam minyak panas, goreng sampai kering.

8. Sajikan ayam goreng bersama kremesan.

No comments:

Post a Comment